Sembuhkan Sakit Kepala dan Lelah Lewat Hidung

Hidung adalah indera penciuman yang kita gunakan untuk mengenali lingkungan sekitar atau sesuatu dari aroma yang dihasilkan. Kita mampu dengan mudah mengenali makanan yang sudah busuk atau yang masih segar hanya dengan mencium aroma makanan tersebut. Di dalam hidung kita juga terdapat banyak sel kemoreseptor untuk mengenali bau.

Seperti pada umumnya, kita memiliki 2 (dua) buah lubang hidung di sebelah kiri dan kanan. Lantas, apakah fungsinya sama yaitu untuk menghirup dan membuang nafas? Sebenarnya fungsi dua lubang hidung kita itu tidak sama dan dapat dirasakan bedanya. Lubang hidung sebelah kanan mewakili matahari (mengeluarkan panas) dan yang sebelah kiri mewakili bulan (mengeluarkan dingin).
Sebagai contoh, waktu kita sakit kepala, cobalah menutup lubang hidung sebelah kanan dan bernafaslah melalui hidung sebelah kiri dan lakukan kira-kira 5 menit, sakit kepala akan sembuh. Jika merasa lelah, lakukan bolak-balik. Tutup lubang hidung sebelah kiri dan bernafaslah melalui lubang hidung yang sebelah kanan. Tak lama kemudian, Anda akan merasa segar kembali. Hal ini disebabkan lubang hidung sebelah kanan mengeluarkan panas, sehingga gampang sekali panas, sedangkan lubang hidung sebelah kiri mengeluarkan dingin.
Fakta yang lain juga menunjukkan kalau perempuan bernafas lebih banyak dengan hidung sebelah kiri, sehingga hatinya gampang sekali dingin. Sedangkan laki-laki bernafas lebih banyak dengan hidung sebelah kanan, sehingga mudah marah.
Apakah Anda juga memperhatikan pada saat bangun tidur, lubang hidung sebelah mana yang bernafas lebih cepat? Jika lubang hidung sebelah kiri bernafas lebih cepat, maka Anda akan merasa sangat lelah. Tutuplah lubang hidung sebelah kiri dan gunakan lubang hidung sebelah kanan untuk bernafas, Anda akan merasa segar kembali dengan cepat. Cara tersebut boleh diajarkan kepada anak-anak, tetapi efeknya akan lebih baik diterapkan kepada orang dewasa.
Sumber : www.gudangnews.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Blog ini bersifat Dofollow, Mohon saran dan kritik untuk artikel ini